Jangan Khawatir, Ini Cara Pengobatan Schistosomiasis

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit schistosomiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit yang hidup dalam air tawar. Keberadaan cacing ini sangat berbahaya bagi manusia, jika air yang digunakan tidak dipastikan kadar sterilnya, bahkan akan menimbulkan penyakit akut.

Jika seseorang terkena penyakit schistosomiasis biasanya akan merasakan hal berikut ini :

  1. Pusing yang tak tertahan
  2. Akan mengalami diare
  3. Bagian otot sering terasa nyeri
  4. Nyeri pada bagian dada
  5. Jantung terasa berdebar keras, dan lainnya.

Lalu bagaimana cara pengobatan schistosomiasis jika seseorang sudah mengalami beberapa gejala tersebut?

Dilansir dari hellosehat, anda harus terlebih dahulu konsultasi pada dokter terkait apa saja yang anda rasakan, kemudian dokter akan menanyai anda tentang beberapa hal, seperti di mana anda berenang atau mandi, apakah air tersebut steril atau tidak untuk digunakan, baik mandi atau konsumsi.

Setelah itu dokter akan melakukan beberapa tes pada tubuh anda, diantaranya adalah :

  • Tindakan tes antibodi untuk mendeteksi keberadaan infeksi pada tubuh
  • Biopsi (mengambil sampel) pada bagian tubuh yang rentan terkena cacing parasit
  • Mengadakan tes pada fungsi ginjal, karena ginjal akan terganggu fungsinya jika sudah terserang parasit
  • Begitu pula dengan hati, dokter akan mengadakan tes pada fungsi hati
  • Karena biasanya telur cacing keluar lewat feses, maka dokter akan mengadakan tes pada feses untuk memastikan tubuh anda benar-benar terserang cacing tersebut atau tidak
  • Selain feses, telur cacing juga keluar melalui urin, karena itulah urin pun akan diperiksa oleh dokter.

Setelah dokter mendiagnosis bahwa positif terkena schistosomiasis, maka langkah pertama yang akan dilakukan adalah, anda akan diberikan obat-obatan seperti Praziquantel guna mengatasi infeksi jangka pendek. Selain itu anda akan diarahkan untuk melakukan hal berikut sebagai pencegahan awal di rumah :

  1. Sebisa mungkin hindari mencuci dan mandi di air tawar yang terkontaminasi cacing parasit
  2. Gunakan sepatu boot jika aktivitas anda sehari-hari selalu bersentuhan dengan air tawar dan sungai
  3. Biasakan rebus air yang akan digunakan  untuk minum dan memasak.
  4. Gunakan dosis praziquantel oral setiap tahun guna melindungi tubuh dari penyakit yang ditimbulkan oleh parasit.
  5. Selanjutnya gunakan handuk saat mengeringkan tubuh setelah mandi, dengan menggosokannya ke seluruh tubuh untuk membantu terhindarnya dari cacing halus dan parasit itu masuk pada tubuh melalui kulit anda.

Air adalah tempat yang pasti dihinggapi oleh cacing parasit jika tidak terlebih dahulu disterilkan. Maka alangkah baiknya anda memastikan air yang digunakan aman dari kontaminasi cacing parasit. Terlebih pula air menjadi bahan utama dalam hidup. Maka jangan sampai menganggap remeh keberadaan cacing itu dalam air, karena akibatnya akan sangat fatal.

Seseorang yang terserang penyakit ini akan mengalami lumpuh dan pembengkakan pada kaki jika tidak segera diatasi. Maka penting bagi anda untuk mengenali apa saja penyebab, gejala dan pengobatan penyakit yang ditimbulkan dari cacing-cacing parasit ini.

Berikut pencegahan dan pengobatan schoctosomiasis yang dapat dilakukan setelah dikonsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya. Kenali dan ajari anak dan keluarga tentang pentingnya menggunakan air bersih dalam kebutuhan sehari-hari. Baik untuk konsumsi dan mencuci.  Karena bagaimanapun air selalu menjadi keutamaan dan orang sangat jarang memperhatikan hal ini.

Segera kenali gejala-gejala yang ada, sehingga akan lebih mudah untuk tahu pengobatan dan pencegahannya. Pastinya akan diarahkan oleh dokter melalui pemeriksaan dan tes pada bagian organ tubuh tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *